21 Days to A Big Idea – Bryan Mattimore

21 Hari Menuju Hari yang Besar

“…waktu yang dihabiskan untuk pembuatan ide sangat kecil dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan ide itu.”– Bryan Mattimore

21 Hari Menuju ide besar adalah buku tentang bagaimana menggabungkan sisi kreatif dan rasional otak para pembacanya untuk menghasilkan ide-ide baru yang keren dengan cara-cara yang menyenangkan yang bahkan dapat membantu para pembaca menciptakan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Buku ini cocok untuk seorang akuntan dengan umur 32 tahun, yang berfikir bahwa pekerjaannya sangat membosankan akan tetapi ia tidak ada ide lain untuk memilih bidang lain dan juga untuk para pensiunan berusia 67 tahun yang memiliki cukup gangguan sehari hari yang bisa dia atasi bagi dirinya dan bagi dunia, dan untuk siapapun yang tidak pernah memikirkan nama produk atau slogan untuk bisnisnya.

Bryan W. Mattimore adalah seorang yang mengkhususkan diri dalam proses ideasi dan inovasi, riset pemasaran front-end, pencitraan merk, pembuatan dan pengembangan produk dan layanan baru, serta perencanaan strategi inovasi.

Ia adalah seoarang Co Founder dan “Chief Idea Guy” dari Growth Engine Company, agen inovasi berusia enam belas tahun yang berbasis di Norwalk, Connecticut. Sebelum menjadi seorang pendiri mesin pertumbuhan, dia adalah presiden grup Mattimore, sebuah perusahaan konsultasi fasilitasi ide dan kreativitas yang berusia dua puluh tahun.

Apa yang bisa kita pelajari dari buku ini :

Pelajaran 1 : Keinginan anak-anak akan membawa anda ke tempat persimpangan kreativitas dan rasionalitas

Pada tahun 1986, George Land mengambil tes yang dia kembangkan untuk NASA, yang bertujuan menentukan cara-cara orang kreatif dan memutuskan untuk memberikannya kepada anak-anak. Hal itu bekerja dengan sangat sempurna, tuturnya bahkan anak anak pun bisa melakukannya.

Diantara 1.600 anak, yang semuanya berusia lima tahun pada saat itu kreativitas sangat tinggi yaitu 98%  mereka diberi peringkat ujung spectrum yang paling kreatif, untuk melihat perkembangan dari tes tersebut George melakukan tes ulang dengan anak-anak yang sama tapi saat itu usia mereka sudah masuk sepuluh tahun dan hanya 30% yang tetap kreatif. Ini adalah penurunan tajam dengan adanya 2 dari 3 anak yang kehilangan kretivitas, seperti yang hampir bisa dibayangkan, semakin dewasa usia seseoarng semakin menurun jiwa kreativitasnya.

Ini adalah ide yang bagus untuk membawa kembali jiwa anak-anak anda dan menyalakan lilin kreatifitas lagi, dan faktanya itu berhasil: pikirkan hal-hal yang anda harap dapat anda lakukan sebagai seorang anak-anak. Kemungkinannya adalah beberapa mimpi ini telah berkembang, tetapi mungkin banyak tersisa untuk tetap membuatnya misalnya: jika anda ingin berpergian/berwisata kami memiliki pesawat terbang, dan jika anda ingin bepergian keseluruh dunia realitas virtual bisa dijadikan referensi. Semua ini dimulai dari mimpi masa kecil yang gila, tetapi begitu otak orang dewasa yang rasional dimulai untuk menangani mimpi tersebut, mimpi-mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Pelajaran 2 : Temukan ide dalam 30 detik saja dengan menggunakan “dan” teknik.

Bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa Anda harus menghasilkan inovasi baru yang gila dalam 30 detik ke depan? Anda mungkin akan panik dan langsung membeku bukan ?

Ini adalah sedikit bantuan : anda dapat menggabungkan dua kata acak, kata benda, kata sifat, sebelum mulai berfikir tentang ide anda. Inilah yang disebut Bryan Mattimore sebagai teknik “dan”, dan maksudnya sederhana agar otak anda berfikir dengan cara baru. Jika anda menulis kata benda di atas tumpukan kartu dan kata sifat diatas tumpukan kartu lainnya, gambarlah satu dari setiap tumpukan, ide-ide baru akan muncul.

Misalnya, apa yang anda lakukan dengan kartu yang bertuliskan “Taman” dan “Keras?” mungkin anda akan mulai berpikir tentang bagaimana anda bisa meredam suara anda mesin pemotong rumput agar tidak terlalu mengganggu tetangga. Tentu saja ini tidak hanya berfungsi untuk ide yang benar-benar baru, anda juga bisa menggunakan untuk menghasilkan ide dengan ide industri tertentu cukup perbaiki kata benda yang ada, anda akan segera mendapatkan banyak ide baru.

Pelajaran ke 3 : Temukan ide bisnis yang cocok dengan Billboarding

Tapi tidak semua ide bisa berkelanjutan. Untuk mengetahui yang mana, anda harus mendapat umpan balik dari dunia nyata. Namun, sebelum anda melakukannya, ada baiknya anda mencari tempat yang tepat untuk mengembangkan ide anda. Sehingga anda tidak berakhir memberikan penjelasan selama 30 detik kepada semua prospek.

Disinilah peran reklame. Hal ini akan bekerja melalui tiga langkah berikut:

  1. Buatlah nama yang tepat untuk produk anda, yang mendefinisikan dengan jelas apa ide anda dan masalah apa yang seharusnya bisa dipecahkan untuk pelanggan anda
  2. Buat daftar nama produk anda
  3. Ambil yang terkuat untuk membuat slogan

Garisnya sangat tipis, maksud saya ide di antara terlalu banyak dan terlalu sedikit ide. Kebanyakan orang termasuk dalam satu kategori, atau yang lainnya. Mereka juga berpikir bahwa mereka memiliki terlalu banyak ide dan tidak mungkin bisa mengeksekusi semuanya. Atau mereka percaya bahwa mereka sama sekali tidak memiliki yang baik dan tidak dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif sama sekali.

Hal-Hal yang bisa diterapkan dari buku 21 Hari Menuju Ide Besar antara lain :

  1. Bemimpilah seperti anak-anak yang memiliki ide gila
  2. Tuliskan ide-ide yang menarik
  3. Eksekusi ide-ide tersebut menggunakan rasionalitas orang dewasa, agar mimpi tersebut menjadi kenyataan
  4. Mulailah mengembangkan bisnis dengan kreativitas

Artikel ini disadur dari : https://fourminutebooks.com/21-days-to-a-big-idea-summary/

Gambar : https://unsplash.com/photos/6y5bXse21ek

Kontributor : Siti Lestari

Ringkasan Buku Lainnya