Joy At Work | Bahagia di Tempat Kerja

“Tujuan metode yang dibagikan di buku ini bukan hanya untuk memiliki meja kerja yang rapi, tetapi untuk memulai dialog dengan diri sendiri lewat merapikan meja.” – Marie Kondo & Scott Sonenshein

Bekerja merupakan kegiatan yang menguras tenaga bagi setiap orang. Lalu bagaimana orang-orang dapat bertahan untuk menjalankan rutinitasnya dalam bekerja? Karena faktanya banyak sekali orang yang merasakan stress di bawah tekanan di dunia pekerjaan. Salah satu kunci utama untuk mengatasinya adalah menikmati apapun pekerjaan yang dilakukan baik di area lapangan maupun ruang digital yang disertai dengan penggunaan waktu di kantor.

Buku berjudul “Joy at Work” sangatlah cocok dengan permasalahan kali ini. Buku ini memberikan jawaban untuk merasa bahagia dalam mengerjakan sebuah pekerjaan tanpa merasa beban berarti. Buku ini dianjurkan sebagai sumber bacaan yang perlu dibaca oleh para karyawan perkantoran yang sudah menginjak usia dewasa. Karena kebanyakan kalangan dengan usia tersebutlah yang sering mengalami kondisi dengan masalah tersebut.

Marie Kondo yang merupakan seorang konsultan tata ruang, menyadari akan isu ini yang acap kali terjadi pada karyawan perkantoran. Wanita ini asli keturunan Jepang yang lahir di Tokyo pada tanggal 9 Oktober 1984. Kepiawaiannya dalam menulis telah terbukti dengan masuknya dirinya ke dalam daftar orang-orang yang berpengaruh di mata dunia menurut majalah Times. Tidak lupa dengan kutipan yang ia sebutkan terkait buku ini untuk para pembacanya : “Tujuan metode yang dibagikan di buku ini bukan hanya untuk memiliki meja kerja yang rapi, tetapi untuk memulai dialog dengan diri sendiri lewat merapikan meja”.

Sebagai informasi tambahan, ternyata buku ini merupakan kelanjutan dari buku berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up yang juga dikarang oleh Maire Kondo sendiri. Buku ini mengajarkan bagaiman cara mengatasi ketidaknyamanan ketika sedang bekerja. Beberapa tips yang diberikan dalam buku ini adalah sebagai berikut :

  1. Kamu akan lebih produktif, beruntung, dan bahagia, serta atasan akan lebih mempertimbangkan kinerjamu jika kamu menjaga ruang kerjamu tertata rapi. Dengan mengatur dan membersihkan meja kerja dari tumpukkan dokumen yang berantakan, pastinya akan menghemat waktu untuk mencari dokumen karena sudah tertata rapi. Kinerjamu pun akan jauh lebih efektif dan produktif. Itu akan membuatmu merasa lebih nyaman. Atasan yang melihat itu pun akan merasa terkesan dengan penataan meja kerjamu yang rapi.
  2. Lalu, lihatlah kembali setiap buku maupun makalah, simpanlah hanya jika itu membuatmu gembira atau merasa itu lebih berguna. Poin kedua ini lebih berfokus pada ruang kerja ideal seperti apa yang kamu inginkan. Hal itu dapat terwujud dengan menanyakan pada dirimu sendiri. Kamu harus menentukan mana saja barang yang membuatmu merasa lebih bahagia dan memilah mana saja dokumen yang kamu perlukan sesuai kebutuhanmu. Semua itu merupakan hal yang hanya bisa dilakukan oleh dirimu sendiri.
  3. Kotak masuk email dan desktop adalah dua tempat yang  perlu terorganisir secara digital. Langkah yang perlu ditempuh adalah membedakan antara projek yang sudah dilakukan dengan projek yang saat ini sedang dikerjakan. File projek yang sudah terlewat dapat dimasukkan ke dalam penyimpanan. Sehingga kamu hanya perlu terfokus pada file projek yang dikerjakan saat ini. Sedangkan untuk email, kamu perlu menentukan kurang lebih 10 folder yang dibutuhkan. Jika semua itu sulit dipilah dalam waktu dekat, maka kamu dapat mengarsipkannya terlebih dahulu untuk merapikannya nanti. Buku ini pun menyarankanmu untuk mengatur waktu di ponselmu dalam menanggapi email yang masuk. Sehingga kamu tahu kapan waktu produktif yang seharusnya kamu gunakan.

Itulah tips menarik yang dijelaskan dalam buku ini. Semua itu terkesan mudah untuk dijelaskan. Namun sebenarnya itu merupakan langkah-langkah yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, ketika hal itu menjadi sebuah kebiasaan, justru itu menjadi keuntungan tersendiri bagi siapapun yang telah mencoba cara-cara tersebut.

Artikel ini disadur dari : https://fourminutebooks.com/joy-at-work-summary/

Kontributor : Bunga Hikmawati

Ringkasan Buku Lainnya