Beberapa Tips Menjadi Produktif – Anu Nair

black iPhone 7

“Jika kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa produktif, hati-hati, kamu mungkin melakukan satu kesalahan atau lebih” – Anu Nair

Kami semua manusia kita punya mimpi dan harapan, beberapa harapan itu bisa merupakan harapan besar ataupun kecil, tapi hanya ada satu cara untuk sampai kepada impian dan harapan itu yaitu membuat kebiasan sederhana menuju harapan tersebut. Tetapi jika kamu seorang yang mageran dan sering menunda-nunda sesuatu itu mungkin akan sedikit sulit. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantumu menjadi seorang yang lebih baik untuk mencapai semua impian dan harapan yang kamu miliki.

Tips Teratas

  • Ketahuilah apa yang menjadi mimipimu.

Ini adalah langkah pertama untuk bisa menjadi seorang yang produktif, dan ini juga sangat penting karena tidak mengetahui apa yang menjadi mimpimu membuat harimu menjadi berantakan dan membuang cukup banyak waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membuat list dan tuliskan list tersebut bisa di selembar kertas ataupun note yang ada di smartphonemu, hal ini dilakukan supaya kamu tidak lupa apa yang ingin kamu lakukan hari ini dan bisa fokus melakukannya.

  • Buat denah tentang harimu.

Buat denah atau gambaran mengenai apa yang ingin kamu lakukan, jangan hanya menulis daftar kata yang random atau kalimat yang tidak jelas. Tuliskan langkah aktual yang ingin kamu kerjakan dengan jelas dan terperinci. Dengan cara ini kamu akan memiliki langkah-langkah yang tepat dan dapat melakukan pekerjaanmu dengan fokus dan menjauhi kesalahan yang fatal.

  • Prioritas

Ketahui apa yang paling penting dan tugas paling krusial untuk memulai harimu. Ketika kamu menulis daftar yang ingin kamu kerjakan coba untuk memecah daftar tersebut menjadi hal-hal yang bisa kamu lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana sampai hal-hal yang sulit.

  • Harapan dan waktu.

Kita hanya memiliki 24 jam dalam sehari, jadi kita butuh setiap menit untuk bekerja. Setelah memecah daftar menjadi hal-hal yang mudah dipahami, buatlah target dari tugas-tugas tersebut.

Buatlah rencana ini seperti kebiasaan yang mudah, coba untuk menyelesaikan apa yang bisa kamu selesaikan sesuai dengan target yang telah dibuat.

  • Lacak dirimu sendiri.

Hati – hati dengan daftar dan waktu yang sudah kamu buat. Tinjau daftar tersebut sesekali. Hati hati dengan daftar untuk memastikan kamu tidak bekerja berlebihan dan melakukan pekerjaan yang tidak terlalu penting. Melacak dirimu bisa memastikan bahwa kamu tidak menghabisakan terlalu banyak waktu untuk tugas tertentu dan kamu bisa mendistribukan waktu secara efektif dan efisien.

Extra tips.

  • Buat apapun yang bisa mendistrak kamu dalam melakukan pekerjaanmu.
  • Fokus pada satu hal dalam satu waktu.
  • Jaga rumah atau ruang kerjamu tetap bersih dan rapihkan apapun yang kelihatannya berantakan.
  • Miliki tidur yang cukup setiap harinya.
  • Olahraga secara rutin.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Beristirahatlah di sela-sela pekerjaanmu.

Artikel disadur dari : https://anublogsofficial.art.blog/2021/07/06/top-tips-to-be-productive/

Gambari diambil dari : https://unsplash.com/photos/FxtIWX8Q0J4

Kontributor : Siti Lestari

Ringkasan Buku Lainnya