Kepuasan mengenai tubah dan harga diri meningkat seiring usia – Lakeisha Ethans

“Menjadi bahagia bukan berarti semuanya sempurna, itu berarti kamu memutuskan untuk melihat melebihi ketidaksempurnaan tersebut” – Gerard Way

Apakah kamu sedang berusaha untuk mencintai tubuhmu dan meningkatkan cinta terhadap dirimu sendiri? Banyak orang berjuang dengan konsep konsep ini, dan bahkan mereka tampaknya memiliki semuanya yang masih berhubungan dengan harga diri. Fakta bahwa harga diri kita sering dikaitkan dengan sebuah pencapaian, tingkat kepuasan tubuh, kebahagiaan dan motivasi membuatnya lebih diinginkan!

Tapi apa sebenarnya harga diri itu? istilah ini diciptakan pada abad ke-18 tentang pentingnya berpikir baik tentang diri sendiri untuk mencapai potensi yang maksimal. Hal ini mengacu pada evaluasi harga diri, yang mencakup keyakinan tentang diri, termasuk penampilan dan tubuh seseorang. Ini biasanya membutuhkan keadaan emosional yang umumnya positif.

Sejak gagasan mengenai harga diri mulai diperkenalkan dimasyarakat umum, ini menjadi kontstruksi yang indah. Beberapa orang menganggap harga diri sebagai karakteristik yang bertahan lama yang hampir merupakan bawaan pada tingkat yang berbeda pada individu yang berbeda. yang lain memvalidasi keberadaan harga diri negara, atau harga diri jangka pendek, sebagai konstruksi yang lebih lunak dan variabel.

Terlepas bagaimana kamu memandang tentang harga diri, satu faktu yang tetep ada : harga diri memang mengalami perubahan pada tingkat pribadi dari waktu ke waktu. Dan kabar baiknya adalah bahwa perubahan yang disebutkan di atas adalah positif dan cenderung terjadi hampir secara alami seiring berjalannya waktu. Setidaknya, itulah yang dikatakan sebagai sebuah penelitian! Menurut sebuah penelitian, kepuasan tubuh dan harga diri meningkat seiring bertambahnya usia.

  • Studi tentang bagaimana kepuasan tubuh berkaitan dengan usia.

Sejumlah penelitian selama beberapa dekade menyelidiki mengenai konsep harga diri. Studi ini keluar pada Oktober 2018 dan merupakan meta-analisis dari studi longitudinal yang tak terhitung jumlahnya. Ini berarti bahwa penelitian menganalisis beberapa studi tentang topik untuk menarik tentang sebuah kesimpulan tertentu.

Secara umum, ini menunjukan hubungan antara usia yang lebih tua dan harga diri yang lebih tinggi, dengan korelasi penting antara penuaan dan cinta diri yang lebih baik. Tampaknya “poin rendah” yang unik dalam haragd diri biasanya hanyalah awal dari perbaikan jangka panjang dari waktu ke waktu.

  • Kepuasan tubuh dan harga diri pada masa kecil dan remaja.

Meta-analisis menunjukan bahwa harga diri mengalami peningkatan selama usia 4 hingga 11 tahun. Hal ini tempaknya bertentangan dengan temuan sebelumnya dari penelitian kecil lainnya yang menunjukan bahwa anak-anak kehilangan harga diri antara usia 4 dan 8 tahun.

  • Kepuasan tubuh dan harga diri pada masa dewasa muda, tengah dan tua.

Di masa dewasa, harga diri terus tumbuh, seiring dengan kepuasan tubuh. Pertumbuhan ini terjadi dengan cepat hingga usia 30 tahun. Meskipun menantang bagi orang deasa muda untuk perlahan lahan membiasakan diri, tanggung jawab masa dewasa tambahan peningkatan konsep diri dan mendorong berbagai perbaikan.

Faktor lain yang mempengaruhi, meliputi :

Tingkat keterampilan dan penguasaan

Kecenderungan mengambil resiko

Ekstroversi

Kesehatan mental

Seseorang yang dikucilkan atau seseorang yang tidak memiliki harga diri karena alasan apapun kemungkinan besar akan mengalami penurunan harga diri.

Bagi banyak orang, kepuasan tubuh dan harga diri bisa terasa hampir sulit dipahami. Di dunia yang penuh dengan perbandingan dan standar yang hampir tidak dapat dicapai, kamu mungkin mulai putus apa. Sulit merasa untuk bisa benar-benar bahagia dengan diri sendiri ketika melihat banyak standar ideal yang kamu tahu sulit atau tidak mungkin dicapai.

Itulah mengapa kabar baik untuk mengetahui bahwa harga diri dapat meningkat secara alami seiring bertambahnya usia!

Kontributor : Siti Lestari

Gambar diambi dari : https://unsplash.com/s/photos/love-yourself

Artikel disadur dari : https://www.powerofpositivity.com/body-satisfaction-improves-with-age/

Ringkasan Buku Lainnya