Leadershift: The 11 Essential Changes Every Leader Must Embrace | Leadershift: setiap pemimpin harus merangkul 11 perubahan penting ini

“Dokter gigi mendorong kita untuk menggunakan benang gigi untuk membantu kesehatan gigi kita, kita harus menggunakan benang mental untuk menyingkirkan pikiran lama dan mendorong kesehatan cara kepemimpinan kita.” – John C. Maxwell –

Sebuah perusahaan akan maju tergantung pada tangan seorang pemimpin. Karena sebuah kepemimpinan akan menuntunmu bergerak sesuai prioritas kebutuhan yang harus dilakukan. Sehingga hal itu menyebabkan dampak besar bagi kinerja tim dan perusahaanmu menjadi lebih tertata. Buku bertajuk “Leadrshift: The 11 Essential Changes Every Leader Must Embrace” mengangkat tema ini ke dalam bukunya. Buku ini dapat dijadikan rekomendasi bagi para pemimpin yang menempati posisi penting di luar sana. Namun buku ini juga dapat digunakan oleh siapapun untuk memunculkan potensi kepemimpinan yang ada di dalam diri seseorang.

Karya ini ditulis oleh penulis yang mumpuni bernama John C. Maxwell. Ia merupakan pria kelahiran tahun 1947 di Garden City, Michigan. Ia sendiri sempat menjadi pendeta senior sebelum menjadi penulis terkemuka yang mencetuskan buku seperti ini. Salah satu kutipan bijaknya adalah : “Dokter gigi mendorong kita untuk menggunakan benang gigi untuk membantu kesehatan gigi kita, kita harus menggunakan benang mental untuk menyingkirkan pikiran lama dan mendorong kesehatan cara kepemimpinan kita”. Itulah pendapatnya terkait kepemimpinan yang dituangkan ke dalam sebuah kutipan.

John C. Maxwell membedah beberapa pemahaman penting tentang kepemimpinan di dalam buku ini. Berikut adalah 3 pelajaran terbesar untuk mengubah pandanganmu tentang kepemimpinan:

  1. Konsep “menaiki tangga” sudah sangat ketinggalan zaman, sebaiknya kamu sendiri yang membangun sebuah tangga yang bisa membantu orang lain naik diiringi dengan bimbingan . Maksud dari poin ini adalah sebelum memimpin pastikan bahwa dirimu sendiri sudah memiliki kemampuan dan pengalaman menjadi mentor yang baik. Hal itu dapat dilakukan dengan bertanya pada sendiri mentor seperti apakah yang diperlukan dan orang seperti apakah yang tepat untuk dibimbing olehmu. Barulah kamu dapat membantu orang-orang tersebut untuk mengembangkan potensi mereka.
  2. Dahulu konsep mengarahkan orang lain merupakan hal yang biasa bagi seorang pemimpin, tetapi sekarang hasil terbaik datang dari hasil hubungan dengan orang lain. Dengan memiliki hubungan yang baik, kamu akan mendengar bagaimana perspektif dan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap anggotanya. Dibandingkan alih-alih mengajari apa yang harus mereka lakukan. Sehingga kamu dapat memahami dan memutuskan apa yang terbaik untuh dilakukan bersama.
  3. Pengaruh paling besar berasal dari seberapa banyak orang yang mempercayaimu dibanding gelar apapun yang pernah kamu miliki. Orang-orang akan mengikuti seorang pemimpin bukan dari gelar apa saja yang dimiliki pemimpin tersebut. Namun bagaimana sikap pemimpin tersebut menjadi contoh yang baik hingga semua orang mempercayai dan mengandalkannya sebagai seorang pemimpin. Contohnya ketika seorang pemimpin menepati janjinya, maka siapapun akan bersedia mengikuti pemimpin tersebut lebih dari apapun.

Itulah kacamata kepemimpinan dari sudut pandang yang ada di buku ini. Banyak sekali moral yang perlu ditanamkan kembali untuk menjadi seorang pemimpin yang bertujuan maju ke depan. Tidak hanya itu, beberapa pemikiran yang sudah lama pun patut diubah menyesuaikan perkembangan zaman dan sumber daya manusia saat ini.

Artikel ini disadur dari : https://fourminutebooks.com/leadershift-summary/

Kontributor : Bunga Hikmawati

Ringkasan Buku Lainnya