Make Your Bed – William H. McRaven

“Jika kamu ingin mengubah dunia…mulailah bernyanyi ketika kamu berada di atas leher mu di lumpur” – William H. McRaven

Buku ciptaan dari William H. McRaven ini bertujuan untuk mendorong seseorang untuk maju meraih tujuannya dan mengubah kehidupan orang lain menjadi lebih baik dengan menunjukkan bahwa kesuksesan adalah sebuah kombinasi dari kemauan individu yang saling mendukung. Jadi buku ini dapat direkomendasikan pada orang-orang yang berkeinginan untuk mengubah hidupnya seperti anak remaja berumur 17 tahun yang berkecil hati pada hidupnya yang dihabiskan di lingkungan masa kecil yang miskin, lalu orang yang berumur 36 tahun yang tidak menyukai kehidupannya dan menyalahkan orang tuanya, dan siapapun yang merasa tidak beruntung, kehilangan motivasi atau malas.

William H McRaven sebagai penulis asli buku ini merupakan pensiunan laksamana bintang empat Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia lahir pada 6 November 1955. Kutipan yang pernah ia ucapkan kepada publik adalah : “Jika kamu ingin mengubah dunia…mulailah bernyanyi ketika kamu berada di atas leher mu di lumpur”. Itulah yang menjadi latar belakang sang penulis buku kali ini. Kutipan tersebut berkaitan dnegan pengalamannya selama masa pelatihan SEAL bersama timnya.

Sebuah buku tentunya memiliki memiliki hal yang menjadi poin utamnya tersendiri. Berikut yang menjadi pokok pembahasan dalam buku ini :

  1. Membereskan tempat tidur adalah hal pertama di pagi hari yang akan mengarahkanmu ke tugas-tugas yang harus diselesaikan pada penghujung hari. Hal tersebut dapat mendorong produktivitas mu dan bahkan memberikanmu harapan di hari yang buruk. Sang penulis McRaven pernah mengalami cidera serius dan harus berdiam di tempat tidur selama berbulan-bulan. Sehingga ketika ia sembuh, hal pertama yang ia lakukan pun adalah membereskan tempat tidur. Hal itu juga menyimbolkan bahwa ia telah pulih dari cideranya. Selain itu juga walaupun tampak sepele, saat tugas menunggu di luar sana, memulainya dengan tugas yang kecil ini akan membuat mu merasa sedikit bangga dan siap untuk menangani sisa tugas yang lainnya.
  2. Jika kamu ingin membuat kehidupan mu berbeda, jangan pernah menyerah, belajar dari kegagalan dan tetap memperbaiki diri sendiri. Mc Raven dan bawahannya selama pelatihan SEAL harus mengalami segala tantangan untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Jika mereka ingin menyerah, mereka hanya perlu membunyikan bel  dan mereka akan bebas. Namun McRaven dan timnya tetap meneruskan pelatihannya seperti berenang sejauh 4 mil dalam kegelapan. Hal itu sedah cukup menakutkan, tapi malam itu bahkan juga dilaporkan terdapat hiu putih besar di dekat pantai. Tapi itu adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan pelatihan SEAL. Dari hal itu, kita dapat belajar bahwa jika kamu ingin meraih potensi secara penuh, jangan biarkan rasa takut menghentikan mu.
  3. Hidup itu adalah perjuangan. Untuk menyelesaikan hal yang luar biasa, kamu harus berjuang. Tapi kamu tidak dapat melakukannuya sendiri, kamu membutuhkan tim. Poin kali ini, lagi-lagi dijelaskan melalui pengalaman McRaven dan timnya saat pelatihan SEAL. Ketika di tengah tes, beberapa dari mereka nampak menyerah. Kemudian, ada satu orang yang mulai bernyanyi. Satu per satu pun mulai mengikutinya. Tiba-tiba lumpur dingin ysng mrnutupi mereka terasa berkurang dan fajar terasa lebih cepat terbitnya. McRaven juga pun dapat keluar dari rasa depresi karena cidera yang menimpanya pada kecelakaan parasut. Hal itu berkat istrinya yang selalu membantunya. Temukan seseorang untuk berbagi kehidupan dan jangan pernah lupa bahwa kesuksesan mu tergantung pada yang lain.

Buku ini merupakan contoh nyata sikap yang diperlukan untuk mngubah hidup mu yang terasa kelam menjadi lebih cerah. Sang penulis juga membagikan kisah dan pengalamannya di dalam buku ini. Karena manusia juga dapat belajar dari pengalaman orang lain.

Kontributor : Bunga Hikmawati

Artikel ini disadur dari : https://fourminutebooks.com/make-your-bed-summary/

Gambar diambil dari : https://unsplash.com/photos/pZ6W7HuuY6w?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Ringkasan Buku Lainnya