Choose Yourself | Pilihanmu Sendiri

“Satu-satunya prediksi kesuksesan hari esok adalah kesuksesan hari ini.” – James Altucher

Pilihanmu sendiri merupakan judul buku terjemahan dari “Choose Yourself”. Buku ini akan memandu para pembacanya berpikir bahwa kesuksesan ada di tangan kita sendiri. Semua itu dapat dicapai dengan membangun kebiasaan baik, menciptakan prestasi rekam kerja, dan memilih keputusan secara mandiri. Buku ini mampu memunculkan bibit unggul bagi para remaja yang masih mencari jati diri agar dapat mengambil keputusannya sendiri. Selain itu buku ini juga cocok bagi kalangan dewasa yang juga masih ragu dalam membuat keputusan berdasarkan keinginan mereka.

James Altucher sendiri merupakan pengarang yang mengusung buku ini muncul ke permukaan. Ia sendiri lahir di Amerika pada tanggal 22 Januari 1968. Ia merupakan lulusan sarjana ilmu komputer. Meskipun bidang pendidikan yang ia geluti bukanlah sosial, ia mampu menyusun karya ini dengan mempertimbangkan banyak faktor sosial yang ada.

Kutipan yang ia kemukakan pun tidak kalah memukau dengan bukunya. “Satu-satunya prediksi kesuksesan hari esok adalah kesuksesan hari ini”. Pada intinya kesuksesan yang akan kita capai nanti bergantung pada apa yang akan kita lakukan pada masa sekarang. Sosok wibawanya tersirat dalam kutipan tersebut.

Setiap buku memiliki poin penting mereka tersendiri. Begitu juga dengan buku ini. Ada tiga poin penting yang akan dibahas dan bagaimana cara menerapkannya dengan baik.

  1. Yang pertama adalah impian orang Amerika yang mengejar kelas menegah sudah tidak ada lagi. Orang Amerika beranggapan bahwa standar kehidupan yang dikejar hanya seputar mengincar pendidikan yang baik, pekerjaan yang aman, lalu bekerja keras hingga dipromosikan dan mendapat hari pensiun yang menjanjikan. Namun di zaman modern ini, banyak sekali pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh teknologi. Lulusan perguruan tinggi pun kemungkinan bisa jadi justru hanya mendapatkan peluang pekerjaan di McDonalds. Apakah itu sesuatu yang buruk? Tidak. Yang harus dilakukan, akan kamu temukan pada poin selanjutnya.
  2. Yang kedua adalah kamu harus menjadi satu-satunya orang yang mengontrol impianmu sendiri. Karena itu merupakan jiwa yang melandasi terbangunnya buku yang satu ini. Beberapa contoh nyata di antaranya yang dapat dipraktikkan adalah jika kebebasan finansial adalah impianmu, maka kamu harus mengontrol pendapatanmu, yang artinya membuat produk, freelancing, menghasilkan pendapatan pasif dari pemasaran afiliasi, menjual buku, kursus, seminar pengajaran-lakukan salah satu, atau bahkan lebih baik, semuanya. Ingin memiliki waktumu sendiri? Maka kamu harus mengontrol waktu. Semuanya berakhir pada kesimpulan yang sama yaitu keputusan ada pada tanganmu sendiri. Lalu mengapa kerap kali kita melihat, mendengar atau bahkan mengalami bahwa keputusan yang kita ambil bukanlah murni dari kita sendiri. Motivasi terkuat mengapa hal itu bisa terjadi adalah karena kita takut akan adanya penolakan dari orang-orang dari sekitar kita. Namun kamu haruslah tetap berpegang teguh pada pemikiran bahwa kamulah satu-satunya orang yang harus mengontrol impianmu. Jangan biarkan orang lain mengambil alih keputusan pentingmu.
  3. Yang terakhir adalah kamu dapat memilih dirimu sendiri dengan memulai melakukan praktik harian kebiasaan baik pada empat bidang. Empat bidang yang dimaksud adalah kesehatan fisik, mental, emosional dan spiritual. James melukiskan bagaimana kita harus hidup di lingkungan yang baik tanpa orang-orang yang toxic (meracuni). Kita juga harus selalu bersyukur di masa sekarang dan tidak berkelana di masa lalu ataupun masa yang akan datang.

Artikel ini disadur dari : https://fourminutebooks.com/choose-yourself-summary/

Kontributor : Bunga Hikmawati

Ringkasan Buku Lainnya