Pivot – Jenny Blake

“Kamu dapat belajar untuk menikmati resiko yang sudah diperhitungkan dan ketidakpastian dalam menukarkan untuk petualangan, fleksibilitas, kebebasan dan kesempatan” – Jenny Blake

Salam semangat untuk para rekan kerja di luar sana

Pernahkan kalian merasa di posisi yang dimana kehidupan karir kalian tidak berkembang? Tapi untuk mencoba sesuatu yang baru kalian merasa raggu meninggalkan posisi kalian saat ini? Ini merupakan tahap yang kita sebut sebagai career pivot. Yaitu kalian dihadapkan dua pilihan untuk tetap bekrja atau beranimengambil resiko yang terukur untuk menaikkan derajat jejak karir kalian. Buku karangan Jenny Blake yang berjudul Pivot ini akan membantu kalian mengambil keputusan di saat yang krusial ini Jadi bagi kalian yang sedang berada di posisi ini, kalian bisa menjadikan artikel ini sebagai bahan referensi untuk menyusun rencana karir kalian ke depannya.

TIga hal utama yang menjadi pembahasan utama dalam buku itu adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah dirimu sadar akan situasi keuangan dan kekuatanmu dalam persiapan untuk menghadapi career pivotmu ini. Hal yang paling awal harus kalian lakukan adalah tenangkan dirimu. Barulah kalian pikirkan kekuatan dan situasi keuangan kalian dengan mengevaluasi apa saja yang sudah kalian lakukan seperti pekerjaan dan pengalaman yang sudah dialami. Ketika kalian sedang mencoba melebarkan sayap karir kalian, pastikan kalian memiliki simpanan uang yang cukup untuk bertahan hingga semua karir kalian sudah stabil.
  2. Jangan menunggu kesempatan, tapi aktiflah mencari tahu dan menciptakan kesempatan itu sendiri. Kalian bertanggung jawab atas situasi yang kalian alami saat ini. Lalu cari tahu bagaimana kalian bisa memperbaiki situasi buruk kalian, daripada menyalahkan orang lain atau justru tetap menganggur.
  3. Gunakan percobaan kecil untuk menguji potesi karirmu, jadi kamu dapat mengatasi resiko yang akan muncul nantinya. Dari buku itu, penulis menjelaskan hal ini dengan pengalamannya bekerja. Sebagai langkah kecil untuk menguji karir menulisnya, dia mengambil pekerjaan sampingan sebagai penulis ketika dia masih bekerja di sebuah perusahaan. Sehingga ketika dia memutuskan keluar dari pekerjaan, dia sudah memiliki persiapan dan pengalaman dalam emnulis. Dengan begitu, resiko yang muncul akan lebih kecil karena sudah melakukan uji coba yang dimaksud tadi.

Ketika kalian ingin mencoba hal yang baru, kalian harus punya senjata sebelum bersiap perang. Pikirkan dan lakukan secara matang karir apa yang ingin kalian kembangkan. Walaupun tetap saja jalan yang dilalui tidak akan semulus yang diharapkan. Tapi setidaknya kalian seudah bersiap atas semua kemungkinan buruk yang menghadang. Cukup sudah artikel kalia, seperti biasa see you in other araticles!

Kontributor : Bunga Hikmawati

Artikel disadur dari : https://fourminutebooks.com/pivot-summary/

Gambar diambil dari : Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Ringkasan Buku Lainnya